3. Asus A442UQ, Ideal untuk Kebutuhan Komputasi Harian

Tips Merawat Kamera Mirrorless Agar Awet dan Tahan Lama

Menjamurnya pengguna kamera mirrorless ini membuat produsen kamera berlomba-lomba memproduksi berbagai macam tipe kamera mirrorless dengan berbargai features yang menggiurkan.

Alasan beberapa orang menggunakan kamera ini adalah kamera ini bisa dibilang simple, mudah dibawa dan tentu saja ringan. Selain itu, kamera ini memiliki kualitas foto yang tinggi jadi cocok untuk menyalurkan hobi fotografi.

Begitu banyak keunggulan kamera mirrorless, membuat beberapa orang tergiur untuk membelinya. Namun, ada sebagian orang yang mengeluhkan tentang perawatan kamera ini karena memang pemilik kamera ini tidak bisa sembarangan merawatnya ada tips tertentu untuk merawatnya.

Apakah kamu ingi mengetahui tips merawat kamera mirrorless agar awet dan tahan lama? Simak baik-baik, tips merawat kamera mirrorless berikut ini.

1. Jauhkan Kamera Kontak Langsung dari Air

Semua kamera sangat sensitif dengan air, begitu juga dengan kamera mirrorless. Oleh karenanya, si pemilik mirrorless harus menjauhkan kamera kontak langsung dengan air. Hal tersebut penting dilakukan agar kamera awet dan tahan lama.

Namun, perlu kamu ketahui kamera ini tidak hanya sensitif dengan air saja melainkan juga sensitif dengan berbagai macam bentuk cairan. Jika kamera kamu terciprat air atau cairan sedikit saja maka komponen di dalam kamera akan lembab dan lengket.

Ada tips tersendiri jika kamu melakukan pemotretan di daerah pantai, kamu harus extra hati-hati. Jika perlu saat melakukan pemotretan di pantai atau laut kamu menggunakan cover case waterproof  (penutup kamera yang tahan air).

Selain itu, kamu juga harus waspada karena kamera ini juga rentan terhadap air laut atau air garam, mengapa? Karena air garam atau air laut menimbulkan korosi dan gesekan pada lensa kamera. Jadi, berhati-hatilah dan lindungi kamera kamu kontak langsung dengan Air.

2. Tempatkan Kamera pada Suhu yang Sesuai

Ketika kamu memutuskan untuk memiliki kamera mirrorless, kamu harus benar-benar siap merawatnya bahkan kamu harus mengetahui berapa suhu yang cocok untuk menyimpan kamera. Seperti yang kamu ketahui, negara kita adalah negara beriklim tropis. Hal tersebut mengakibatkan kamera rentan terkena jamur dan sinar matahari yang tidak menentu.

Ada tips khusus agar kamera kamu tidak terkena jamur, salah satunya adalah menyimpan kamera di tempat dengan suhu yang sesuai. Mungkin kamu akan bertanya-tanya berapa  suhu yang sesuai untuk kamera Anda?

Setiap kamera memiliki sensitivitas yang berbeda-beda, oleh karenanya kamu perlu membaca guide book di kotak kamera saat kamu membelinya. Dalam guide book tersebut ada penjelasan khusus mengenai standar suhu tempat menyimpan kamera.

3. Simpan Kamera dalam Dry Box

Bagi kamu yang hobi fotografi, kamera merupakan aset yang tak ternilai. Oleh karenanya, kamu akan menyayangi kamera kamu lebih dari apapun. Nah, tips agar kamera kamu tetap terjaga kelembapannya, kamu dapat menyimpan kamera kamu dalam dry box.

Apa itu dry box?

Dry box adalah tempat atau wadah khusus yang didesain tahan terhadap air dan debu. Dry box ini dirancang memiliki suhu yang sama dengan suhu ruangan sehingga cocok untuk menyimpan kamera mirrorless kamu.

Tips menyimpan kamera dalam dry box ini cukup ampuh karena kamu tidak perlu lagi memikirkan kelembapan kamera.

Selain itu, dry box juga multifungsi dapat digunakan untuk menyimpan aksesoris atau pernak-pernik kamera kamu, seperti filter, vertical grip, flash maupun baterai kamera kamu. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi tentang ketahanan kamera mirrorless kamu jika kamu telah memiliki dry box.

4. Bersihkan Kamera Mirrorless secara Rutin

Menjaga kebersihan memang sangat penting, segala macam benda jika kebersihannya terjaga maka benda itu akan awet dan tahan lama. Hal ini juga berlaku untuk kamera mirrorless. Membersihkan kebersihan kamera hukumnya wajib agar kamera awet dan tahan lama.

Biasanya pemilik kamera hanya memperhatikan kebersihan lensa kamera saja, hal itu tidak dibenarkan. Body kamera dan sensor pun perlu untuk dibersihkan.

Kamera yang terjaga kebersihannya dapat memudahkan kamu dalam mengoperasikannya. Untuk membersihkan kamera, kamu dapat membeli perlengkapan pembersih kamera, seperti:

  • Blower yang berfungsi membersihkan debu yang menempel pada kamera.
  • Cairan khusus untuk membersihkan kamera.
  • Kuas khusus untuk kamera. Kuas ini berfungsi untuk membersihkan body kamera. Selain itu, kamu dapat menggunakan kain microfiber untuk membersihkan body kamera.
  • Cotton bud untuk membersihkan celah-celah pada body kamera yang tidak dapat dijangkau oleh kain microfiber.

Nah, jika kamu ingin kamera kamu awet dan tahan lama rutinlah membersihkan kamera dengan menggunakan perlengkapan pembersih kamera seperti tersebut di atas.

5. Lakukan Perawatan Baterai pada Kamera

Saat ini, produsen kamera menggunakan baterai lithium ion. Nah, baterai tersebut harus dirawat dengan baik karena memang rentan.

Baterai lithium ion ini diproduksi dengan ketahanan 500 kali recharge, oleh karenanya kamu harus berhati-hati. Survei membuktikan setelah 500 kali recharge, baterai ini akan mengalami penyusutan kinerja.

Nah, jika kinerja baterai kamera menyusut sebaiknya kamu wajib menggantinya agar tidak berpengaruh pada komponen di kamera.

Selain itu, jika kamu berniat untuk tidak menggunakan kamera kamu, maka sebaiknya kamu melepas baterai pada kamera. Hal ini untuk menghindari kerusakan pada baterai dan kamera.

6. Selalu Gunakan Tas Kamera saat Membawa Kamera

Bagi kamu yang memiliki hobi fotografi, tentunya kamu akan selalu membawa kamera kamu kemana pun kamu bepergian. Namun, perlu diperhatikan jika kamu tidak hati-hati membawa kamera mirrorless kamu, ada kemungkinan kamera kamu tidak tahan lama karena memang lensa kamera ini sangat rentan dan sensitif.

Tips untuk menghindari kerusakan pada kamera saat dibawa adalah dengan cara membawa tas kamera. Hal tersebut karena tas kamera didesain khusus untuk menjaga kamera tetap aman.

Biasanya produsen tas kamera merancang tas ini dengan berbagai macam keunggulan salah satunya memiliki ketahanan yang tinggi terhadap benda-benda yang runcing serta tahan terhadap benturan dan guncangan saat dibawa.

Nah, bagi kamu yang ingin membeli tas kamera ada tips khusus agar kamera kamu ditempatkan di tas yang tepat. Berikut adalah cara memilih materi tas untuk kamera kamu.

  • Pilihlah tas kamera dengan bahan yang kuat dari benturan, guncangan dan sentuhan benda-benda runcing.
  • Pilihlah tas yang terbuat dari bahan dengan material yang ringan namun tebal.
  • Pilihlah tas yang memiliki ketahanan terhadap percikan air atau air hujan. Bisa juga memilih bahan tas yang waterproof.

7. Gunakan Tali Kamera saat Melakukan Pemotretan

Jika diperhatikan, menggunakan tali kamera saat memotret memang merupakan hal yang sepele. Tetapi tali kamera ini tidak dapat dipandang sebelah mata karena kegunaannya yang begitu penting. Biasanya saat kamu memotret kamu melupakan menggunakan tali kamera akibatnya jika kamu lalai, kamera kamu dapat terjatuh dan rusak.

Nah, untuk menghindari hal tersebut kamu dapat menggunakan tali kamera lalu mengalungkannya di leher kamu. Hal tersebut untuk mencegah kemungkinan kamera jatuh atau terlepas dari genggaman tangan kamu.

Jika kamu merasa risih mengalungkan tali kamera ke leher kamu, kamu dapat melilitkan tali kamera ke pergelangan tangan kamu. Mungkin cara ini lebih aman, karena kamera selalu dekat dengan tangan kamu dan tentunya kamu dapat dengan mudah memotret objek.

8. Jangan Biarkan Kamera Menganggur Terlalu Lama

Bagi seseorang yang berprofesi sebagai fotografer mungkin tidak akan membiarkan kamera mirrorless-nya menganggur terlalu lama, betul sekali karena memang kameranya selalu digunakan untuk menemani bekerja.

Berbeda halnya dengan orang yang menjadikan fotografi hanya sekadar hobi, kemungkinan besar kamera akan menganggur.

Jika kamu ingin kamera kamu awet dan tahan lama, jangan biarkan kamera menganggur terlalu lama. Untuk menghindari tersebut rutinlah gunakan kamera mirrorless untuk memotret. Kamera mirrorless yang menganggur terlalu lama menyebabkan komponen kamera lembab akibatnya mesin pada kamera menjadi macet dan kaku.

Untuk menghindari mesin kamera yang macet dan kaku, kamu dapat menggunakan kamera minimal seminggu sekali untuk memotret. Selain itu, kamu harus selalu cek tombol-tombol yang terdapat pada kamera agar tidak macet.

Tips tersebut ampuh untuk menghindari mesin pada kamera macet atau tidak berfungsi. Jadi, rajinlah untuk menggunakan kamera kamu.

9. Hindari Perubahan Arus Listrik pada Kamera

Setiap benda elektronik selalu rentan dan sensitif terhadap perubahan arus listrik. Hal ini juga berlaku bagi kamera mirrorless. Oleh karenanya, kamu perlu berhati-hati saat kamu akan menghubungkan kamera dengan benda-benda yang berkaitan dengan arus listrik.

Contoh, jika kamu akan memindahkan data di kamera ke komputer, tentunya kamu akan menghubungkan kamera kamu dengan komputer.

Nah, sebelum kamu menghubungkannya, pastikan kamera kamu sudah mati sebelum memory card dan baterai dilepas dari kamera. Hal tersebut untuk menghindari perubahan arus listrik.

Perubahan arus listrik yang tiba-tiba dapat menyebabkan kerusakan pada kamera mirrorless. Jika kamu ingin mengoperasikan kamera yang terhubung dengan komputer, kamu juga perlu memastikan bahwa posisi kamera mati dan baterai sudah terlepas dari kamera. Hal tersebut memang sepele namun penting untuk menjaga kamera kamu tahan lama dan awet.

10. Rutin Melakukan Service di Tempat Resmi

Seperti halnya manusia, kamera juga memiliki hak untuk melakukan medical check up. Betul sekali, manusia setiap tiga bulan sekali perlu melakukan medical check up begitu juga dengan kamera mirrorless perlu melakukan service setiap periode tertentu.

Bagi kamu yang memiliki kamera apa pun jenisnya, jangan pernah melakukan service setelah kamera kamu rusak. Rutin melakukan service di tempat resmi oenting dilakukan hal ini untuk menjaga hal-hal yang tidak terduga terjadi pada kamera kamu, seperti ada tombol yang macet atau filter yang lepas.

Rutin melakukan cek terhadap kondisi kamera dapat mencegah kerusakan kamera sejak dini sehingga saat kamera kamu rusak parah kamu tidak kaget.

Perlu kamu ingat, jangan melakukan service di sembarang tempat karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap orisinalitas komponen pada kamera kamu. Lakukan service di tempat resmi dan terpercaya untuk tetap menjaga kualitas kamera kamu.

Hal-hal di atas adalah 10 tips merawat kamera mirrorless agar awet dan tahan lama. kamu dapat menerapkannya dan melakukannya secara rutin agar kamera mirrorless kamu tetap terjaga kualitasnya. Jika kamu melakukan dengan benar maka kamera kamu akan selalu dalam keadaan baru.

kamu

Tinggalkan komentar