Categories
Smartphone

Oppo A83 Harga dan Spesifikasinya

Oppo A83 telah dirilis sejak Desember 2017 lalu. Namun, Oppo A83 masih menarik banyak minat.

Smartphone Cina ini membawa fitur selfie pintar. Bahkan, harga juga dipatok terjangkau. Penasaran seperti detail oppo a83 harga dan spesifikasinya? Berikut ini ulasannya

Berikut ini Oppo A83 harga dan spesifikasinya

Kamera

Oppo A83 memiliki kamera teknologi canggih karena bisa bergerak 254 poin wajah. Sebuah kamera depan 8 MP dan kamera belakang 13 MP modus ‘Ultra-HD’.

Layar

Oppo A83 menawarkan layar lebar. Layar smartphone iniĀ  5,7 “dengan resolusi 1440 x 720 piksel.

Warna dan Baterai

Smartphone Oppo A83 ditawarkan hanya dua warna, yaitu champagne, dan hitam. Untuk baterai, spesifikasi Oppo A83 sebesar 3180 ukuran mAh.

Memory

Oppo A83 RAM atau Random Access Memory adalah 2 GB. Untuk penyimpanan hingga 32 GB.

Harga

Harga Oppo terbaru A83 saat pertama kali diluncurkan mencapai Rp 2.999 juta. Selain itu, harga A83 Oppo second saat ini berkisar dari $ 1 juta.

Oppo A83 vs A3S

Oppo baru saja mengumumkan kehadiran A3s di Indonesia pekan lalu yang mengisi kesenjangan di mid-range. Kehadirannya di kelas menengah tidak langsung menantang pendahulunya, A83 (2018). Bila dibandingkan, mana yang unggul di antara keduanya? Oppo A83 (2018) unggul dalam hal dimensi karena lebih minimalis dengan ketebalan 7,7 mm dan berat 143 gram. Namun demikian, A3s membawa baterai yang lebih besar yaitu 4230 mAh sedangkan 3180 mAh di A83 (2018).

Tidak mengherankan A3s memiliki dimensi lebih tebal (8,2 mm) dan lebih berat (168 gram). Kedua perangkat ini sama-sama mengusung layar dengan rasio yang berbeda, yaitu 18: 9 pada A83 (2018), sementara 19: 9 di A3s. Perangkat ini membawa diagonal lebih besar dari 6,2 inci sedangkan 5,7-inci A83 (2018). Kedua smartphone ini juga berlaku resolusi yang sama dari HD +. Pindah ke landasan pacu, kedua perangkat mengusung konfigurasi 3GB RAM dan 32GB ROM (microSD hingga 256GB) tapi dengan SoC yang berbeda.

Lebih murah daripada versi Eropa Oppo A83 (2018) mengadopsi Mediatek Helio P23 MT6763T octa-core 2,5 GHz dengan Mali-G71 MP2, sedangkan A3s Snapdragon 450 octa-core 1,8 GHz dan grafis Adreno 506. Unit perbedaan pengolahan juga diamati pada sistem operasi dilakukan. Oppo A83 (2018) masih membawa versi lama dari Android 3.2 atau Color OS 7.1 sementara A3s memiliki ColorOS Oreo 8.1 atau Android 5.1. Terakhir, A3s di sektor fotografi yang telah mengadopsi tren sekarang kamera utama ganda dengan 13MP + 2MP dan lensa 8MP selfie. Oppo A83 (2018) masih membawa 13MP tunggal dan kamera 8MP pada lensa depan.

Oppo A83 (2018) dan A3s sama-sama tidak dilengkapi dengan sensor sidik jari namun kedua fitur wajah untuk membuka. Pengguna dapat membuka perangkat melalui wajah sehingga lebih menawarkan kemudahan, kecepatan, lebih akurat, dan lebih aman. Oppo A3s diperkenalkan pekan lalu tersedia dalam varian warna merah dan ungu gelap yang dijual dengan harga Rp2,699 juta. Oppo A83 (2018) saja dijual Rp2,799 juta dan tersedia dalam warna putih, emas, hitam, merah, dan biru.

Kelebihan-Kekurangan Oppo A83

Kelebihan Oppo A83

Perbedaan yang paling mencolok dari layar HP dari Oppo F5 adalah spesifikasi layar. HP menghadirkan layar yang lebih kecil dengan resolusi yang lebih kecil. Layar HP ini hanya 5,7 inci. Rasio layar adalah 18: 9, yang berarti layar bukan HD + alias 720 x 1440 piksel. Di atas kertas, 5,7-inch memberikan visual yang tidak begitu tajam. Namun berdasarkan ulasan Indiatimes, layar Oppo A83 persis mengesankan. Layar terlihat menarik dengan sisi bezel tipis. Selain itu, layar memiliki kecerahan yang sangat baik dan warna yang lebih hidup. Hal yang sama juga diungkapkan oleh YouTuber Indonesia, ObatGaptek. Menurut dia, layar HD pada HP masih memiliki kepadatan tampilan yang baik. Layar relatif tajam. Jika menurut NDTV, layar masih relatif tajam meskipun bukan yang terbaik di kelasnya. Jika kamu melihat pendapat ketiganya, kita dapat menyimpulkan bahwa layar Oppo A83 masih cukup tajam. Ini berarti, HP Oppo A83 masih cukup nyaman untuk digunakan menampilkan konten multimedia.

Kamera depan Oppo A83

Oppo F5 lebih unggul dengan kamera depan 20 MP. Tapi tidak semua orang membutuhkan kamera beresolusi depannya. Ada banyak alias pengguna lain, mungkin termasuk kamu tidak terlalu peduli dengan hasil selfie yang baik. Hal ini mencoba untuk ditampung oleh Oppo A83. Kamera depan pada Oppo A83 hasilnya cukup jelas tidak sebagus Oppo F5. Tapi untuk kamera selfie dalam ukuran kelasnya, hasilnya cukup baik. Kehadiran kamera depan dengan 8 MP sensor dan aperture f / 2.2 di Oppo A83 cukup handal untuk selfie.

NDTV mengatakan hasil yang baik dari kamera depan HP ini dukungan teknologi AI yang bisa mempercantik hasilnya. Teknologi ini mampu memindai wajah titik selfie hasil yang lebih baik dan sesuai dengan kondisi aslinya. Teknologi ini diperkenalkan pada Oppo F5 dan juga disesuaikan dengan Oppo A83. Secara keseluruhan, hasil jepretan kamera depan Oppo A83 cukup baik. Dengan kata lain hasilnya masih cukup fit untuk kelas.

Kamera belakang halus

Oppo A83 disajikan sebagai HP yang menargetkan pengguna yang membutuhkan HP fotografi, pengguna yang sering menggunakan kamera belakang. Dan kehadiran kamera 13 MP dengan aperture f / 2.2 diklasifikasikan kurang bisa diandalkan dalam menghasilkan foto yang baik.

Foto-foto hasil tangkapan dari reviewer dari Gadgetpilipinas.net. Menurut dia, gambar dari kamera belakang Oppo A83 sudah cukup baik. Gambar memiliki warna yang akurat, dan cukup tajam. Kondisi hasil gambar dalam cahaya rendah (low light) yang tidak begitu mengesankan.

Menurut pengalaman ObatGaptek, hasil belakang Oppo A83 kamera cukup baik di kelasnya. Hal ini masih kurang dari Xiaomi Mi A1 yang memiliki dual camera, tetapi hasil keseluruhan foto HP di atas rata-rata.

Face Unlock

Oppo A83 memiliki keuntungan berkat adanya sistem keamanan yang disebut Face Unlock. Fitur semacam ini umumnya hadir di kelas unggulan. Oleh karena itu, cukup menarik dan menjadi keunggulan HP ini sendiri. Fitur Face Unlock ini sudah hadir di Oppo F5 dan fitur-fitur ini kemudian diadopsi ke Oppo A83.

Face Unlock di Oppo A83 tergolong baik dan cepat, seperti yang diungkapkan Gadgetpilipinas.net. Hanya perlu diingat adalah ketika menggunakan fitur ini, layar harus diaktifkan.

Fitur ini sendiri akan digunakan oleh kamu jika kamu memakai HP ini. Karena tidak adanya sensor sidik jari di HP ini akan membuat orang beralih ke fitur keamanan lainnya, dan dalam hal ini adalah fitur Face Unlock.

Battery Life yang baik

Oppo A83 dilengkapi dengan baterai Li-Ion adalah 3.180 mAh. Berkat layar A83 yang hanya mengusung layar HD, hal itu mempengaruhi daya tahan baterai. Berkat tampilan HD pada HP ini Oppo A83 menjadi lebih baik dan tahan lama dibandingkan daya tahan baterai Oppo F5.

NDTV mengatakan bahwa baterai pada HP ini cukup baik. Penggunaan sehari penuh dengan penggunaan game dan video streaming, cukup awet.

Gadgetmatch juga memuji baterai Oppo A83, bahkan mengacungkan dua jempol untuk daya hidup baterai HP ini. Oleh karena itu, kamu bisa mengatakan baterai pada HP ini cukup baik di kelasnya.

Kinerja Secara keseluruhan Baik

Oppo A83 dilengkapi dengan Mediatek MT6763T Helio P23. Ini adalah chipset yang sama seperti yang tertanam dalam Oppo F5. Pada chipset ini tertanam prosesor Octa-core 2,5 GHz Cortex-A53 dan Mali-G71 MP2 GPU. Dengan prosesor ini, HP mampu menjalankan permainan dengan baik.

Berkat GPU dan 3 GB dukungan RAM pada HP, membuat Oppo A83 dapat menjalankan permainan tanpa masalah atau lag seperti yang diungkapkan oleh NDTV. NDTV juga mengungkapkan bahwa nilai uji benchmark HP cukup baik. Untuk AnTuTu, skor yang diperoleh adalah 68 132 dan Kerja PCMark menguat skor 2.0 adalah 3903 poin.

Gadgetmatch juga memuji kinerja HP. Alasannya bahwa bermain game di HP ini berjalan dengan baik. Itu berarti bahwa, secara keseluruhan, Oppo A83 mampu berjalan dengan baik untuk bermain game. Untuk menjalankan aplikasi juga cukup baik.

Kekurangan Oppo A83

1. Bahan tubuh plastik

Oppo A83 memiliki tubuh yang lebih kecil dibandingkan OPPO diklasifikasikan sebagai F5. Hal ini membuat oposisi A83 lebih solid dan nyaman digenggam. Desain tubuh juga terlihat premium. Sayangnya, itu hanya tampak premium karena terlihat seperti logam. Meskipun HP tubuh terbuat dari plastik dan telah menjadi salah satu kekurangan HP ini.

2. Tanpa sensor sidik jari

Oppo F5 memiliki sensor sidik jari dan Face Unlock. Sementara Oppo A83 hanya memiliki Face Unlock. Sensor sidik jari tidak ada di HP ini akan tetapi kekurangan tersendiri untuk HP ini mengingat HP yang paling modern memiliki sensor sidik jari. Bagi mereka yang tidak ingin menggunakan Face Unlock dan lebih memilih sensor sidik jari sebagai sistem keamanan, akan kecewa dengan HP.

3. Tanpa pengisian cepat

Mirip dengan F5 Oppo, Oppo A83 tidak memiliki fitur khas pengisian cepat Oppo VOOC flash Charge. Tidak adanya fitur ini agak disayangkan mengingat Oppo A83 daya tahan baterai yang cukup baik.

Jika salah satu fitur ini ada, itu akan banyak yang memuji baterai Oppo A83. Selama pengisian Oppo A83 kosong sampai penuh, memakan waktu sampai 3 jam. Cukup lama ditoleransi memang. Jika ada fitur ini, pengisian durasi tentu saja akan lebih ringkas.

4. Posisi speaker kurang nyaman

Oppo A83 adalah HP yang cocok untuk bermain game, dan kinerja yang cukup baik. Sayangnya kenyamanan bermain akan terganggu oleh penutupan pembicara dengan tangan. Karena posisi speaker di bagian bawah sebelah port microSD.

Posisi speaker kurang fit karena ketika orang bermain game, bagian kanan akan menutupi bagian dari speaker HP. Sesuatu yang sangat disayangkan.

5. Tidak ada LED Notification

Kerugian lain adalah tidak adanya oposisi A83 LED notifikasi. Bahkan, banyak orang yang membutuhkannya untuk mengetahui pemberitahuan baru atau tidak. Jadi jangan repot-repot untuk menyalakan layar untuk up cahaya. LED notifikasi adanya minus lain nilai HP.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *