3. Asus A442UQ, Ideal untuk Kebutuhan Komputasi Harian

10 Kamera Mirrorless Murah dengan Harga di Bawah 15 Jutaan 

Walaupun saat ini banyak smartphone yang difasilitasi kamera, tetap saja ada sebagian orang yang lebih memilih menggunakan kamera untuk mengabadikan sebuah momen berharga. Salah satunya kamera yang sedang menjadi trend beberapa tahun kebelakang, yakni kamera mirrorless.

Kamera tersebut diklaim lebih canggih daripada kamera DSLR yang memang memiliki kualitas baik pula. Perbedaaan yang mendasar antara kamera DSLR dan mirrorless ini terletak pada bobotnya. Dimana kamera mirrorless memiliki berat yang cukup ringan dengan tampilan yang eyecatching.

Harga yang dibanderol untuk kamera mirrorless pun bervariasi, ada yang memiliki harga 20 juta, 15 juta, hingga, 7 juta. Tentunya perbedaan harga tersebut menunjukkan pula kualitas dari kamera tersebut. Biasanay kualitas yang terlihat dari fitur-fitur yang dimilikinya.

Bila kamu saat ini sedang mencari kamera mirrorless dengan harga di bawah 15 juta, maka sangat tepat membaca halaman ini.

Karena kami akan mengulasnya dalam pembahasan 10 kamera mirrorless murah dengan harga di bawah 15 jutaan. Dan berikutnya ulasannya!

Mengenal Jenis-jenis Kamera Mirrorless dengan Harga di Bawah 15 Juta

1. Kamera Mirrorless Canon EOS M100

Pertama adalah kamera mirrorless dengan merk Canon EOS M100. Kamera tersebut sangat cocok untuk para pemula yang bergerak dalam bidang fotografi. Selain itu kamera ini tergolong murah dikalangan para profesional karena dibanderol dengan harga Rp 7, 5 juta.

Kamera ini merupakan generasi penerus dari canon EOS M10 dimana ukuran seri ini begitu ramping, ringan, dan cocok untuk kamu yang suka traveling. Selain itu kamera ini tidak memiliki hotshoe untuk memasang flash atau mic external.

Kameranya dilengkapi dengan 24,2 megapixel APS-C sensor dengan procesor yang digunakan adalah DIGIC 7 serta menggunakan autofokus dual pixel. Kelebihan utama kamera ini adalah memiliki kinerja autofokus yang lebih cepat ketika mengikut subjek yang bergerak baik itu untuk foto ataupun video.

Fitur-fitur lain yang dimiliki kamera ini adalah terdapat built Wifi, layar LCD bisa dipuatar ke atas, terdapat bluetooth yang bisa menghubungkan kamera dengan smartphone, serta memiliki mode Creative Assist yang membantu para pemula untuk mendapatkan foto yang sesuai dengan keinginannya.

2. Kamera Mirrorless Sony Alpha A6000

Kamera mirroless selanjutnya yang memiliki harga di bawah 15 juta adalah merk Sony Alpha A6000. Kamera tersebut memiliki harga sekitar 8 jutaan.

Kamera merk sony alpha tersebut cukup terkenal dikalangan photografer salah satunya karena memiliki body yang kecil, desain klasik, pada bagian atas kamera terdapat flash internal, dudukan untuk memasang lampu kilat atau dikenal dengan hot shoe, serta viewfinder elektronik.

Kamera mirrorless ini memiliki sensor APS-C CMOS 24,3 megapixel, prosesor Bionz X dengan memiliki rentang ISO hingga 25.600. Selain itu, memiliki autofocus tercepat yaitu sekitar 0,06 detik dengan 179 titik fokus. Dengan begitu kamu akan memiliki hasi foto yang cukup bagus walaupun kamu seorang pemula.

Selain kelebihan yang dimilikinya, kamera ini pun memiliki kekurangan, yaitu sony Alpha belum mampu merekam video dengan format 4K melainkan hanya dengan format full HD 1080p. Selain itu kamera ini tidak dilengkapi dengan jack auido sehingga tidak bisa dipasang mic eksternal.

Maka bisa dikatakan bahwa kamera ini belum mampu menghasilkan video yang maksimal karena “absennya” dua fitur penting tersebut.

3. Kamera Mirrorless Fujifilm X-A5

Kamera mirrorless selanjutnya yang layak untuk kamu miliki adalah merk fujifilm X-A5. Mendengar kata fujifilm pasti kamu tidak akan meragukannya lagi, mengingat fujifilm telah hadir sejak lama ketika kamera masih menggunakan roll untuk mengambil foto.

Adapun perkembangan fujifilm saat ini pun disesuaikan dengan kebutuhan dan juga perkembangan zaman. Kamera yang memiliki harga 9 jutaan ini tetap mempertahankan design kamera antik. Dimana bodynya menggunakan logam yang dilapisi dengan kulit sintesis.

Selain itu design bodynya pun berbentuk balok khas fotografi kalsik zaman dulu. Namun, pilihan warnannya disesuaikan dengan zaman ini, yaikni warna hitam, cokelat, dan juga pink.

Fitur lain yan dimiliki kamera mirrorless fujifilm ini adalah memiliki sensor CMOS APS-C 23,5×15,7mm 24,2-megapixel, dengan sensitivitas ISO yang tinggi hingga 51.200. Serta menyediakan mode burst 4K buat menjepret foto sebanyak 15-frame/detik.

Kemampuan untuk mengambil videonya pun cukup bagis karena terdapat pula fitur high speed recording di 1280x720p untuk menciptakan video slow motion.Bagi kamu seorang vlogger cocok menggunakan kamera ini karena dilengkapi port 2,5mm untuk microphone.

4. Kamera mirrorless Canon EOS M50

Berikutnya adalah kamera canon EOS M50 yang dibanderol dengan harga Rp 11 juta. Tentunya fitur pada kamera merk ini sudah lebih lengkap dan canggih.

Salah satunya adalah kamera ini layak untuk membuat video dengan kualitas yang tinggi karena bisa merekam video dengan kualitas 4K. Selain itu, terdapat sensor CMOS APS-C 24,1-megapiksel dengan prosesor gambar DIGIC 8 yang dilengkapi rentang ISO 25600 hingga 51200 dimana fungsinya adalah bisa tetap menghasilkan gambar terbaik walaupun pencahayaan tergolong minim.

Kamera EOS M50 ini memiliki sistem AF yang begitu cepat dan akurat karena adanya teknologi Dual Pixel CMOS AF dan fitur touch yang bisa memindahkan titik fokus pada LCD dengan menggunakan jari. Dengan kata lain, kamera tersebut bisa diputar 360 derajat.

Selain itu terdapat pula fitur untuk menambah mic external dan lamp tambahan. Uniknya, kamera tersebut pun memiliki mode silent saat akan mengambil gambar sehingga suara di sekiatr kamu tidak akan ikut terekam ketika proses pembuatan video.

5. Kamera Mirrorless Sony Alpha A6300

Bagi kamu yang sudha terbiaa bekerja atau memiliki hobi dalam dunia photografi, maka kamera yang tepat untuk kamu adalah Kamera Mirrorless Sony Alpha A6300. Kamera ini dibanderol dengan harga 13 jutaan.

Kamera ini dilengkapi dengan sensor APS-C, Exmor CMOS resolusi 24,2-megapixel dipadukan dengan prosesor Bionz X dimana Aand aakn menghasilkan gambar dengan kualitas tingga dengan rentang ISO 100 sampai 51200.

Fitur lain yang dimiliki sony Alpha A6300 ini bisa membuat vide dengan kualitas 4K serta sistem 4D fokus yang bisa menghadirkan kecepatan AF tinggi yaitu 425 titik di seluruh area gambarnya.

Selain itu, layar yang dimiliki berukuran 3 inci, terdapat port untuk mikrofon, electronic view finder tipe XGA OLED dengan resolusi 2,4 megapiksel, dan juga konektivitas Wifi. Sayangnya, layar yang dimiliki sony alpha ini belum touchscreen.

6. Kamera Mirrorless Fujifilm X-T100

Bila kamu seorang pemula dalam bidang fotografi, maka tidak ada salahnya untuk memilih kamera mirrorless Fujifilm X-Tseries yaitu seri Fujifilm X-T100. Adapun kelebihan dan kekurangan yang perlu kamu ketahui sebelum membelinya adalah sebagai berikut:

Fujifilm X-T100 ini memiliki desain retro yang begitu mengoda. Sekilas memang mirip dengan fujifilm yang memiliki harga lebih mahal. Body dari kamera pun begitu ringan sehingga sangat cocok untuk dibawa kemanapun atau ketika kamu akan traveling. Selain itu, terdapat pula aksesoris grip langsung yang akan membuat nyaman para penggunannya.

Fitur lain yang menjadi nilai plus adalah terdapat jendela bidik elektronik sehingga memudahkan para pemula. Kemudian terdapat teknologi OLED, dan juga viewfinder elektronik yang sangat membantu untuk mengambil gamba terutama untuk pengondisian cahayanya.

Layar pada kamera ini pun mengusung layar LCD fleksibe 3-inci dengan fitur yang bia disentuh. Kemudian layarnya pun bisa diubah-ubah, baik dimiringkan maupun dilipat sehingga sangat cocok untuk selfie atau proses vlogging.

Kamera yang dibanderol dengan harga Rp 8,999,000 ini memiliki daya tahan baterai yang cukup lama dan bisa menghasilkan foto hingga 430 jepretan.

Adapun kekurangan kamera ini adalah belum mampu mereka video 4K serta pemilihan menu belum dilengkapi layar sentuh.

7. Kamera Mirrorless OLYMPUS OM-D E-M10

Kamera mirrorless berikutnya yang memiliki harga di bawah 15 juta adalah kamera Olympus OM-D E-M10. Kamera ini memiliki sensor kamera 16,1 megapixel dan sistem image stabilization 3-axis internal yang mampu membuat efektif sistem image dan bisa meredam getaran.

Kamera ini memiliki sensor sensitivitas ISO 100-25.600 ditambah dengan kemampuannya merekam video 1080p. Jika kamu menginginkan kamera dengan memiliki kecepatan autofokus, maka kamera Olympus inilah jawabannya.

Pada bagian belakang kameranya yang tergolong elegan, kamu akan menemuan layar sentuh 3 inci. Layar tersebut juga bisa dimiringkan untuk mengambil gambar yang pas sesuai dengan keinginan kamu.

Kamera ini juga termasuk kamera yang bagus karena dilengkap lensa 14-42mm f/3.5-5.6 EZ. Kamera mirrorless yang unik ini diharga dengan Rp 7,600,000.

8. Kamera Mirrorless NIKON 1 V3

Kamera mirrorless berikutnya adalah Nikon 1 V3. Kamera ini sudah dilengkapi dengan format CX 18.4 MP dengan sensor CMOS dan prosesor gambar EXPEED 4A sehingga bisa menghasilkan gambar dengan resolusi tinggi dan full HD serta sensitivitas cahaya khususnya mencapai ISO 12800.

Sistem autofokus pada kamera Nikon 1V3 adalah sistem autofokus hybrid, yaitu menggabungkan metode contras dan diteksi fase dimana bisa mengeluarkan kemampuan autofokus kamera menjadi cepat, tepat, dan akurat.

Tidak hanya itu, kamera ini pun dilengkapi dengan monitor layar sentuh sebesar 3.0’’ dengan tingkat kemiringan 1,037K-dot. Dengan sistem layar sentuh tersebut banyak orang yang terbantu karena bisa menjelajahi menunya pun dengan mudah.

Selain itu kamera yang dibanderol dengan harga Rp 13,6 juta ini sudah dilengkapi dengan wifi sehingga memudahkan kamu untuk mengirim gambar dari kamera ke perangkat lainnya.

9. Kamera Mirrorless PANASONIC GX7

Panasonic pun tergolong salah satu perusahaan yang eksis mengeluarkan produk-produk elektronik terbaiknya. Salah satunya adalah kamera mirrorless yang memiliki sensor berukuran 16 megapixel dengan rentang ISO 125-25.600 serta kemampuan merekam video 1080p.

Desainnya pun begitu elegan karena menggunakan hand grip yang cukup besar. Kemiringan LCD pun sebesar 3 inci dengan resolusi 1,04 juta dot yang mampu melengkapi bagian belakangnya. Tidak hanya itu kamera ini dilengkapi pula dengan kontrol panel layar sentuh.

Kemampuan untuk mentransfer gambar pun patut diacungi jempol, karena selain terdapat WI-Fi juga dilengkap NFC untuk transfer gambar dan juga remote control.

Kamera yang dibanderol dengan harga Rp 11,3 juta ini menggunakan lensa micro four thirds yang paling lengkap diantara kamera mirrorless lainnya.

10. Kamera Mirrorless Olympus PEN E-PL8

Kamera berikutnya adalah merk olympus PEN E-PL8. Kamera ini dibanderol dengan harga Rp 8,5 juta dimana keunggulannya terletak pada layar LCD yang bisa diputar 180 derajat.

Tentunya kamera ini sangat cocok bagi kamu yang suka selfie atau seorang vlogger.

Senosro pada kameranya berfungsi cukup baik yaitu 16.10 MP setingkat kamera poket yang memiliki harga cukup tinggi. Kelebihan lain yang patutu diacungi jempol adalah ukurannya ringan bisa kamu bawa pergi untuk kegiatan traveller.

Bagaimana kamu sudah menjatuhkan pilihan untuk memilih kamera mirrorless di atas? Semoga informasi ini bermanfaat dan pilihlah kamera yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Tinggalkan komentar