3. Asus A442UQ, Ideal untuk Kebutuhan Komputasi Harian

10 Cara Merawat Lensa Kamera DSLR Agar Hasil Jepretan Tetap OK

Kamera DSLR merupakan kamera yang menggunakan cermin dalam usaha mengarahkan cahaya dari lensa ke view finder. Nah, begitu pentingnya lensa pada kamera DSLR ini sampai-sampai yang memiliki kamera ini membutuhkan tips khusus untuk merawat lensa kamera agar awet dan tetap bagus dalam menghasilkan gambar berkualitas.

Bagi kamu yang memiliki kamera DSLR tentunya kamu akan lebih ekstra berhati-hati dalam merawat lensa kamera ini. Apalagi bagi kamu yang hobi atau bekerja sebagai fotografer, lensa kamera DSLR bisa jadi sudah menjadi benda kecintaan kamu. Oleh karenanya, kamu akan rajin membersihkannya secara rutin.

Kebersihan lensa kamera akan mendukung hasil jepretan yang kamu lakukan.Dengan lensa yang bersih foto yang dihasilkan oleh kamera akan jernih dan menawan.

Nah, bagaimana cara merawat lensa kamera DSLR agar tetap menghasilkan gambar yang berkualitas? Berikut adalah 10 tips merawat lensa kamera DSLR.

1. Menyimpan Kamera DSLR dalam Dry Box

Kebersihan kamera DSLR memang penting untuk dijaga. Menjaga kebersihan kamera adalah salah satu usaha merawat kamera agar tetap menghasilkan gambar yang berkualitas. Salah satu cara agar kamera kamu tetap terawat dan terjaga kebersihannya adalah dengan menyimpan kamera DSLR di dalam dry box.

Memang untuk membeli dry box, kamu akan membutuhkan biaya tambahan dalam merawat kamera. Namun, hal tersebut adalah cara terbaik untuk menjaga lensa dan body kamera kamu tetap awet dan berkualitas.

Dry box adalah solusi tepat untuk menyimpan kamera DSLR kamu, karena di dalam dry box suhu dan kelembapan terjaga sehingga lensa kamera terhindar dari jamur yang dapat muncul di lensa kamera.

2. Gantilah Lensa Kamera secara Berhati-hati

Bagi kamu yang memiliki kamera DSLR, tentunya mengetahui bahwa lensa pada kamera bisa diganti sesuai kebutuhan fotografi, misalnya kamu memakai kamera standar untuk melakukan pengambilan gambar berupa objek bergerak dan kecil, kamu dapat menggantinya dengan kamera micro.

Nah, melakukan pengambilan gambar pada objek yang selalu berubah, kamu akan membutuhkan lensa yang berbeda juga. Namun, perlu diketahui saat mengganti lensa kamera, kamu harus melakukannya secara berhati-hati agar lensa kamera tidak rusak dan awet.

3. Jauhkan Lensa Kamera dan Body Kamera dari Air dan Kelembapan

Kebanyakan orang yang memiliki kamera apa pun itu, hampir semua jenis kamera rentan terhadap air dan suhu yang lembab. Oleh karenanya, sebisa mungkin kamu harus menjauhkan lensa kamera dan body kamera dari air dan suhu yang lembab.

Jika kamu melakukan pengambilan foto atau akan mengambil objek foto di daerah yang lembab atau daerah pantai dan pegunungan, jangan lupa untuk selalu membawa kain microfiber.

Kain microfiber ini dapat membantu kamu menjaga lensa dan body kamera dari efek kelembapan dan terciprat air. Fungsi kain microfiber ini adalah mengurangi efek lembab pada lensa sehingga lensa terhindar dari munculnya jamur.

4. Belilah Alat Pembersih Lensa Kamera DSLR

Alat pembersih kamera memang penting dimiliki oleh pemilik kamera, namun alat pembersih yang dimaksud bukan sembarangan alat pembersih biasa. Alangkah baiknya jika kamu pemilik kamera DSLR membeli alat pembersih khusus untuk lensa kamera DSLR.

Biasanya alat pembersih lensa kamera DSLR ini dijual satu paket. Adapun isi satu paket tersebut adalah sebagai berikut.

Blower adalah alat pembersih yang berfungsi membersihkan debu dan kotoran yang ada di lensa dan body kamera yang tidak terjangkau oleh kuas pembersih. Blower ini berbentuk bulat lonjong menyerupai pompa karet.

Cara kerja blower ini adalah seperti karet penghisap debu.
Lens tisu merupakan tisu khusus untuk membersihkan lensa jadi bukan tisu biasa yang biasa kamu jumpai. kamu dapat membeli lens tisu ini di toko kamera. Lens tisu ini didesain sangat lembut sesuai dengan fungsinya sebagai pembersih noda dan sidik jari yang menempel pada optik lensa.

Cairan pembersih lensa dan kain micro fiber biasanya dijual satu paket. Nah, untuk menggunakan cairan pembersih lensa ini, kamu tidak boleh langsung menyemprotkannya di lensa kamera melainkan kamu harus menyemprotkannya di kain micro fiber lalu mengusapnya dengan perlahan ke lensa dan body kamera.

Lenspen merupakan alat pembersih optik lensa dan filter lensa dari noda, bercak air atau sidik jari yang menempel pada lensa. Bentuk lenspen seperti pulpen dalam dua sisi.

5. Rutin Membersihkan Casing

Casing kamera wajib dibersihkan secara rutin karena kotoran, debu maupun minyak mudah menempel pada casing dengan cepat. Dengan rajin membersihkan casing maka lensa kamera kamu akan terlindungi dari kotoran dan debu.

Jika perlu kamu memiliki jadwal rutin membersihkan casing agar lensa kamera tetap terjaga kebersihannya dan terhindar dari timbulnya jamur pada lensa.

6. Gunakan Kain Micro Fiber untuk Membersihkan Lensa

Kain micro fiber ini memang dirancang khusus untuk membersihkan lensa kamera. Kain micro fiber terbuat dari bahan yang tebal, mudah menyerap air dan terbuat dari serat kain yang lembut. Kain ini cocok sekali untuk membersihkan lensa kamera agar lensa kamera terlindungi dan tidak tergores.

Jika kamu membersihkan lensa kamera menggunakan kain biasa yang berbahan kasar maka kemungkinan besar lensa kamera kamu akan tergores dan rusak.

Oleh karenanya sangat disarankan menggunakan kain micro fiber untuk membersihkan lensa kamera kamu. Sekadar informasi, kain micro fiber ini dapat kamu dapatkan di toko kamer dan biasanya dijual satu paket dengan cairan pembersih kamera.

7. Pasang Lensa Filter

Menjaga kondisi kamera DSLR memang gampang-gampang susah dan membutuhkan kesabaran. Apalagi bagi kamu yang menjadikan kamera kamu sebagai ladang penghasilan untuk kamu.

Bagi kamu yang berprofesi sebagai fotografer dan hobi fotografi, kamu akan memotret atau melakukan pengambilan gambar ke mana saja yang kamu inginkan, seperti misalnya memotret di daerah pegunungan yang lembab, memotret di lapangan yang sangat panas.

Nah, keadaan tersebut sangat rentan bagi lensa kamera kamu. Oleh karenanya, kamu disarankan untuk memasang filter lensa.

Filter lensa ini dipasang diujung lensa kamera kamu. Jenis filter setiap kamera berbeda-beda tergantung dari jenis kamera yang kamu miliki.

Kenyataannya di lapangan, para fotografer biasanya memakai filter UV, mengapa memakai filter UV? Karena filter ini sifatnya netral dan dapat memberikan perlindungan penuh kepada optik lensa.

Filter UV ini dapat memberikan perlindungan kepada optik lensa sehingga optik lensa terhindar dari benturan dan kotoran yang menempel. Selain itu, filter lensa ini dapat melindungi elemen bagian depan kamera DSLR milik kamu.

8. Gunakan Lens Cap

Bagi kamu fotografer senior tentunya sudah tidak asing dengan lens cap ini, namun bagi kamu fotografer pemula kamu perlu mengetahui fungsi lens cap.

Lens cap adalah penutup lensa kamera yang memang berfungsi untuk melindungi lensa kamera. Tetapi dibalik itu semua lens cap ini memiliki lima fungsi vital, antara lain sebagai berikut.

Melindungi lensa kamera dari goresan. Lensa kamera perlu dilindungi dari goresan karena memang lensa ini rentan terhadap goresan atau dapat dikatakan lensa kamera ini mudah tergores.

Melindungi lensa kamera dari benturan. Jika kamu sering membawa kamera kamu bepergian, tentu saja kamu membutuhkan lens cap ini agar kamera kamu terhindar dari benturan.

Mencegah debu yang mudah menempel di lensa kamera. Untuk menjaga lensa kamera tetap bersih, kamu harus menghindarkan dari debu. Oleh karenanya solusi terbaiknya adalah dengan memasang lens cap pada kamera kamu.

Melindungi lensa kamera dari cairan. Kamera memang rentan dengan cipratan air apalagi lensanya. Nah, untuk menghindari lensa kamera dari cipratan air dan cairan, kamu dapat menggunakan lens cap.

Mencegah menempelnya tapak jari di lensa kamera. Terkadang pemilik kamera lupa menyentuh lensa kamera dengan menggunakan jari tangan tanpa memikirkan efek yang kemudian akan timbul. Tapak jari yang menempel di lensa kamera dapat menyebabkan timbulnya jamur. Untuk menghindari itu semua alangkah baiknya jika kamu menggunakan lens cap di kamera kamu.

9. Rajin Membersihkan Optik Lensa

Optik lensa juga memiliki peranan penting pada kualitas gambar kamera kamu. Oleh karenanya, kamu harus rutin membersihkannya agar optik lensa tidak rusak dan tahan lama.

Dalam membersihkan optik lensa, kamu tidak bisa sembarangan membersihkannya begitu saja, namun harus menggunakan kain micro fiber dan cairan pembersih khusus. Selain itu, kamu dapat juga menggunakan lens tisu.

Sebagai usaha menjaga kebersihan optik lensa, kamu harus menggunakan kain atau tisu yang terbuat dari material yang lembut karena memang optik lensa sensitif dan mudah tergores oleh benda-benda yang bertekstur kasar.

Benda kasar akan memberikan goresan pada optik lensa kamera kamu, oleh karenanya kamu harus berhati-hati. Kenyataan di lapangan, banyak sekali pemilik kamera yang malas membawa perlengkapan pembersih kamera, sampai-sampai mereka menggunakan kaos yang menempel di badan untuk membersihkan optik lensa. Hal tersebut harus dihindari.

Milikilah keyakinan bahwa lensa kamera kamu adalah aset penting kamera untuk menghasilkan gambar atau foto dengan kualitas tinggi. Jangan sekali-kali merusak optik lensa kamera kamu dengan tangan kamu sendiri karena itu akan membuat kamu rugi besar.

10. Jangan Menyentuh Optik Lensa secara Langsung

Mungkin sudah menjadi kebiasaan banyak orang suka menyentuh optik lensa dengan menggunakan jari tangan tanpa memikirkan akibatnya. Perlu kamu ketahui, sentuhan jari pada optik lensa kamera kamu akan meninggalkan bekas tapak jari dan akibatnya lensa kamu akan tumbuh jamur, mengapa demikian?

Karena jari tangan kita memiliki kecenderungan lembab, basah dan terinfeksi kuman. Kondisi jari tangan yang seperti itu akan meninggalkan noda di optik lensa kamu yang kemudian jamur akan mudah tumbuh di lensa kamera kamu. Jadi, usahakan untuk menghindari menyentuh optik lensa secara langsung.

Hal-hal di atas adalah 10 tips merawat lensa kamera DSLR agar tetap menghasilkan gambar yang berkualitas. kamu dapat mengaplikasikannya untuk menjaga lensa kamera kamu agar tetap bersih, awet dan tahan lama.

Lensa kamera yang selalu dalam keadaan bersih dapat menghasilkan gambar yang berkualitas tinggi karena lensa kamera merupakan organ vital kamera. Semoga 10 tips merawat lensa kamera ini bermanfaat bagi kamu para fotografer. Selamat mencoba dan sukses selalu.

Tinggalkan komentar