3. Asus A442UQ, Ideal untuk Kebutuhan Komputasi Harian

10 Cara Menjadi Youtuber Sukses 

Apa tips menjadi youtuber sukses? Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, maka semakin mudah pula seseorang untuk mendulang pendapatan. Pasalnya dari perkembangan teknologi tersebut, banyak profesi baru yang bermunculan serta bisa mendapatkan pendapatan dari melakukan pekerjaan pada umunya.

Salah satu profesi baru yang saat ini digandrungi terutama oleh anak muda milenial adalah menjadi youtuber. Para youtuber ini akan membuat konten-konten video unik yang bisa diuploadnya di channel youtube. Oleh karena itu, seiring dengan banyaknya youteber di belahan dunia maka situs video tersebut menjadi situs yang populer.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak youtuber yang mendulang kesuksesan serta pendapatan yang cukup fantastic. Lewat konten-konten menarik dan serunya mereka diharuskan untuk bisa membuat orang tertartik menonton video yang mereka upload.

Tentu membuat konten video tersebut tak mudah karena harus direncanakan dengan sebaik mungkin. Nah, jika kamu tertarik untuk menjadi seorang youtuber berikut akan dipaparkan mengenai tips menjadi youtuber sukses. Seperti apa ulasannya?

Yuk, simak bersama 10 cara Menjadi Youtuber Sukses

1. Tentukan Target Penonton Channel Youtube Anda

Sebelum kamu membuat konten video, lebih baik tentukan terlebih dahulu target penontonnya. Bila dilihat secara umum, orang-orang yang menonton youtube itu terbagi dalam dua kategori, yaitu:

Kategori Entertainment, seperti inspirasi, hiburan, atau kesenangan yang sesuai dengan minatnya.
Kategori Edukasi, seperti mencari ilmu pengetahuan, berita, atau mencari pengetahuan lainnya yang lebih bermanfaat.

Nah, dari dua kategori tersebut kamu bisa menentukan konten seperti apa yang akan kamu buat yang sesuai dengan minat kamu sendiri. Lebih baik dari dua kategori tersebut pilih salah satu agar channel yang kamu bangun sesuai dengan target serta jelas tujuannya.

Pencarian konten dan target ini bisa dibilang mirip dengan ketika kamu mencari niche dalam sebuah blog. Hanya saja bedanya, dalam youtube ini akan lebih menarik bila yang ditayangkan adalah gambar yang bergerakan atau disesbut dengan video.

2. Dapatkan Subscriber Channel kamu dengan Cara yang Natural

Selain konten, bagian terpenting dari youtuber adalah mendapatkan subscriber channel. Karena dengan mendapatkan subscriber dengan cukup banyak bisa membuat akun kamu semakin baik dan berkembang.

Subscriber ini bisa dibilang seperti follower yang ada di media sosial lainnya. Tanpa ada mereka, tentu saja akun youtube dan penghasilan kamu tidak akan didapatkan dengan signifikan.

Untuk mendapatkan subscriber sendiri sebaiknya dilakukan dengan natural. Artinya, jangan menggunakan pembelian subscriber atau menggunakan cara lain yang bisa berujung pada pembekuan akun youtube kamu.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan subscriber dengan cara natural yang perlu kamu lakukan adalah :

Beri Judul dan Gambar Thumbnail dengan menarik

Biasanya bila judul awal memukau dan menarik minat seseorang untuk menontonnya pasti akan mudah untuk menarik perhatian para penonton youtube.

Anda bisa meniru dan mempraktekkan akun-akun channel youtuber yang sudah terkenal sebagai contoh untuk membuat judul yang menarik.

Buat Video yang Berkualitas

Salah satu alasan banyaknya orang yang menonton youtube karena memang sudah bosan menonton acara televisi. Maka, youtube menjadi sarana lain untk mencari hiburan. Karena itu, kesempatan tersebut bisa kamu gunakan untuk membuat tayangan yang berkualitas.

Buat Video yang Sesuai dengan Target Channel Anda

Bila Target penonton kamu remaja, maka kamu bisa membuat video yang berhubungan dengan dunia mereka. Baik itu dari hobi, tayangan, maupun isu-isu kekinian yang memang layak untuk dibahas.

3. Promosikan Channel Youtube kamu dengan Cara Benar dan Sesuai

Tips berikutnya untuk menjadi Youtuber sukses adalah dengan mempromosikan channel kamu. Salah satu cara untuk bisa mempromosikannya adalah dengan share link ke sosial media miliki kamu agar bisa diketahui oleh orang lain.

Namun, untuk share channel tersebut tidak sembarangan dan memerlukan jeda waktu. Jika terlalu sering dan melakukan spam, maka pihak youtube taidak segan-segan untuk bisa melakukan banned terhadap akun kamu.

Karena itu, cara lain untuk bisa mempromosikan akun kamu bisa dengan langkah berikut ini:

Berkomentar di channel youtube orang lain dan Membalas komentar di Channel sendiri

Cara tersebut sudah menjadi rahasia umum, dimana para youtuber yang sudah sukses membalas komentar para penontonya di channel sendiri serta berkunjung ke channel lain dan meninggalkan jejak dengan berkomentar pula.

Komentar yang dibuat bukan untuk spam tetapi juga membangun interaksi yang positif dengan sesama youtuber.

Kerjasama dengan Youtuber

Sesekali kamu bisa melakukan kerjasama dengan youtuber lain untuk mengisi channel kamu. Dengan begitu, akun channel kamu pun akan terangkat dan membuat penasaran para penonton.

Dan alangkah lebih baik, bila youtuber yang kamu undang adalah pengisi yang sesuai dengan konten atau judul channel yang kamu buat. Sehingga tidak terkesan “mendompleng” kesuksesan.

4. Lakukan Optimasi Youtube dan Buat Deskripsi Channel dengan Benar

Seperti sebuah blog atau akun bisnis sosial media yang perlu di optimasi, maka channel youtube pun perlu adanya optimasi untuk bisa tumbuh dengan baik. Adapun cara untuk mengoptimasi channel youtube adalah sebagai berikut:

Mulailah dengan menuliskan deskripsi singkat tentang channel yang kamu buat. Bisa menjelaskan tentang konten-konten atau deskrispi umum dan menarik dari akun kamu. Bila belum ada gambaran, kamu bisa melihat channel youtuber lain yang telah sukses.
Jangan lupa untuk mengkoneksikan channel youtube kamu dengan sosial media tau website yang kamu miliki. Terlebih jika kamu sangat aktif di sosial media, pengkoneksian tersebut sangat diperlukan.
Jangan lupa untuk mengoptimasi video pada bagian judul, deskripsi, dan tag yang sesuai dengan SEO. Selain memudahkan orang lain untuk mencari channel kamu, channel kamu akan dinilai berkualitas dan memang sesuai dengan keinginan serta kebutuhan penonton.
5. Buat Konten yang terbaik serta Maksimalkan Jumlah Subscriber

Tips menjadi youtuber berikutnya adalah dengan membuat konten terbaik dan memaksimalkan jumlah subscriber. Artinya, untuk mendapatkan peringkat yang baik tiak prlu memerlukaan jutaan views walaupun hal tersebut sangat diperlukan.

Tetapi yang lebih penting adalah mendapatkan 1.000 subscriber pertama agar channel kamu bisa mendapatkan ranking terbaik. mereka adalah investor utama kamu agar bisa fokus membuat konten video yang berkualitas. Dengan begitu, mereka pun akan mempromosikan video-video yang ada di channel kamu.

Untuk mendapatkannya kamu bisa melakukan langkah optimasi yang sudah disampaikan di atas. Dan jangan lupa setiap akhir atau awal video ingatkan para penonton kamu untuk subscribe channel youtube kamu.

Bila perlu, kamu bisa membuat cuplikan video atau trailer yang membuat penonton penasaran dan mau subscriber channel kamu.

6. Konsisten Membuat Video

Konsisten adalah salah satu tips ampuh untuk menjadi youtuber yang sukses. Karena, hampir semua youtuber melakukan hal ini sehingga mereka bisa mendulang pendapatan yang fantastic dan menjadi populer.

Konsisten dalam hal ini adalah dimulai dari konsisten membuat video sesuai dengan target atau topik judul channel kamu. Dan yang terpenting konsisten untuk membuat video dengan penjadwalan yang telah dilakukan.

Di awal-awal kamu membuat video, jangan pernah untuk menyerah dan berhenti bila belum banyak yang menonton video atau yang menjadi subscriber akun kamu. Maka, untuk bisa membuat video dengan konsisten kamu harus menjalankan langkah-langkah berikut ini:

• Buat Jadwal untuk mengupload video, misalanya dalam seminggu sekali, setiap hari, atau dalam satu minggu, kamu menguploadnya 3x.

Jadwal tersebut sangat penting untuk dibuat. Karena, apabila subscribernya sudah mencapai ribuan bahkan jutaan, maka mereka akan sangat menanti-nanti jadwal video terbaru dari kamu. Tentu tidak ingin mengecewakan mereka bukan?

• Jaga kualitas video, baik itu dari konten yang dibuat atau hal teknis seperti kejernihan gambar, suara, dan juga pencahayaan dalam membuat video.

Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan kamera khusus vlog atau bisa menyewa jasa tersebut.

Bila belum memungkinkan, gunakan tripod untuk bisa mendukung aktivitas kamu dalam membuat video.

• Buat Target Membuat video dalam sebulan.

7. Bersikap Natural dan Jadilah Diri Sendiri

Selain kualitas dan kuantitas video yang harus diperhatikan. Ada hal lain yang perlu kamu perhatikan dan latih, yaitu jadilah diri sendiri ketika didepan kamera untuk membuat konten video.

Artinya, jangan dibuat-buat atau berusaha meniru orang lain sehingga membuat diri sendiri menjadi tampak aneh. Termasuk dalam humor atau memberikan joke-joke yang tidak seharusnya karena memang bukan komedian ataupun belum terlatih.

Bila dipaksakan, maka yang terjadi adalah video yang kamu buat tampak aneh bahkan bisa menurunkan viewer dan subscriber.

Karena itu, jadilah diri sendiri yang sesuai dengan karakter atau bakat yang kamu miliki. pada saranya setiap manusia yang terlahir ke dunia sudah memiliki ciri khas masing-masing dan bila diasah akan terlihat sangat keren.

Kemudian jangan lupa banyak latihan, terutama yang belum terbiasa didepan video agar tidak terlihat kaku. Kemudian, agar tidak grogi anggap saja para penonton itu adalah sahabat-sahabat kalian.

8. Buat Video dengan Tema Kekinian atau Sedang Viral

Agar video kamu mudah dicari dan sesuai dengan minat banyak orang, maka pilih tema atau judul yang sedang hits saat itu.

Misalnya tentang event Asian Games yang tengah diperbincangkan banyak orang. Nah, kamu bisa membat video tentang asian games yang disesuaian dengan niche youtube kamu atau target penonton.

Tetapi, jangan buat isis video yang mengandung konten SARA atau vulgar. Karena bisa membuat akun kamu dibanned atau mendapatkan kesan negatif di mata para penonton.

9. Jalin Komunikasi dan Terima Masukkan dari Penonton

Tips menjadi youtuber sukses berikutnya adalah mau menerima saran dari penonton dan menjalin komunikasi dengan mereka.

Ingat! Jangan egois dengan membuat video sesuai dengan keinginan sendiri. Mereka yang memberikan masukkan untuk kamu, artinya peduli dan memang tertarik dengan channel kamu.

Maka mendengarkan keinginan mereka tidak ada salahnya, bahkan bila hal tersebut “dikabulkan” mereka pun akan respect terhadap kamu.

Bila ada yang berkomentar pun sebaiknya balas komentar tersebut dengan bahasa dan cara yang tetap santun.

10. Bersabar dan Terus Belajar

Walau terlihat seperti yang mudah untuk membuat video dan juga kontennya, tetap saja diperlukan sikap bersabar dan terus belajar. Para youtuber yang sudah sukses, ada yang harus menunggu bertahun-tahun untuk bisa diterima oleh masyarakat khususnya para penonton youtube.

Karena itu, bila kamu mengalami..

Viewers yang turun maka jadikan sebuah intropksesi untuk bisa membuat video yang lebih baik.
Ketika kamu tidak ada ide atau inspirasi untuk membuat video, maka tontonlah video youtuber lain yang satu tema dengan kamu atau youtuber yang menginspirasi kamu.
Sesekali ikut gathering youtuber, agar kamu bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari para senior.
Tetap berinteraksi dengan penoton dan lakukan survey tentang minat atau keinginan apa yang mereka butuhkan agar bisa menjadi bahan inspirasi untuk membuat video selanjutnya.

Tidak ada kesuksesan yang diperoleh dengan mudah. Oleh karena itu, terus berlati, latih, dan jangan pantang menyerah.

Dan yang terpenting lakukan yang terbaik dan bermanfaat bagi hidupa kamu agar ilmu yang kamu miliki bisa dirasakan pula oleh orang lain.

Semoga tips menjadi youtuber sukses ini bisa bermanfaat dan bisa kamu praktekkan sekarang juga. Semoga sukses.

Tinggalkan komentar