3. Asus A442UQ, Ideal untuk Kebutuhan Komputasi Harian

10 Penggunaan Inovasi Teknologi dalam Dunia Olahraga

Seiring perkembangan zaman, perkembangan teknologi juga semakin bermunculan. Perkembangan teknologi ini memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia di dunia ini. Salah satunya adalah di dunia olahraga. Perkembangan teknologi di dunia olahraga memang banyak membawa manfaat, salah satu manfaatnya adalah pertandingan olahraga antar tim menjadi lebih adil.

Seperti yang diketahui, setiap pertandingan dalam dunia olahraga terdapat wasit sebagai hakim dalam setiap pertandingan olahraga. Namun, terkadang wasit juga manusia yang memungkinkan terjadinya human error. Nah, untuk menghindari human error itulah dibutuhkan teknologi dalam dunia olahraga. Adapun teknologi yang sudah diterapkan dalam dunia olahraga adalah sebagai berikut.

1. Video Assistant Referees (VAR)

Video Assistant Referees (VAR) merupakan video yang berfungsi mengawasi jalannya pertandingan dengan menggunakan ruang kendali yang terhubung dengan kamera pengawas di stadion. VAR ini dapat membantu wasit mengevaluasi jalannya pertandingan jika ada pelanggaran sehingga wasit dapat bertindak adil.

VAR menggunakan ruang kendali yang terdiri atas 3 orang, antara lain kepala VAR, Asisten kepala dan operator yang bertugas me-replay video. Ruang kendali VAR disebut Video Operational Room (VOR). Nah, untuk menghubungkan antara wasit dengan tim VAR, mereka menggunakan HT dan earphone. Teknologi VAR ini memang cocok diterapkan di pertandingan sepak bola.

Konon kabarnya, teknologi VAR ini telah diterapkan di Piala FA bahkan telah di pertandingan non-sepak bola seperti pertandingan Rugby, Kriket maupun National Football League (NFL). Nah, saat ini teknologi VAR ini pertama kali diterapkan di Piala Dunia Rusia 2018 oleh FIFA.

2. Electronic Performance and Tracking System (EPTS)

Electronic Performance and Tracking System (EPTS) merupakan sistem yang menggunakan alat khusus berupa tablet berfungsi untuk mendeteksi dan merekam pertandingan atau aktivitas pemain. EPTS ini dapat melacak statistik selama pertandingan berlangsung bahkan merekam segala aktivitas pemain selama pertandingan.

Pada dasarnya, EPTS ini cocok digunakan oleh pelatih karena dengan alat ini pelatih dapat melihat aktivitas pemain dan memonitor pemain secara real time. Selain itu, alat ini memiliki jarak jelajah pemain bahkan dapat digunakan untuk mengukur detak jantung pemain, kecepatan berlari pemain, kondisi fisik pemain bahkan kadar gula dalam tubuh pemain.

Kecanggihan teknologi EPTS sudah diterapkan pada tahun 1996 oleh FIFA dan alat ini juga diterapkan pada tanggal 28 Februari 2015 di pertemuan bisnis tahunan ke-19 di Belfast, Irlandia Utara. Selain itu, EPTS juga pernah diterapkan untuk pertandingan Rugby. Nah, alat ini juga dapat diterapkan untuk atlet lari tidak hanya dalam pertandingan sepak bola saja.

3. Goal Line Technology (GLT)

Satu lagi teknologi canggih yang dapat diterapkan dalam pertandingan sepak bola, yaitu Goal Line Technology (GLT). GLT adalah teknologi yang digunakan untuk menentukan bola gol dengan cara mengetahui kondisi bola apakah sudah melewati garis gawang atau tidak.

GLT ini, alat yang dibutuhkan oleh wasit untuk mengesahkan bola gol atau tidak sehingga human error dapat dihindarkan. GLT ini dilengkapi dengan cara memasang kamera pengawas di berbagai sudut stadion yang diarahkan ke gawang. Cara kerjanya jika bola telah melewati garis gawang akan tertangkap sensor yang kemudian dikirimkan ke wasit.

Wasit menerima sinyal sah atau tidaknya gol dalam jangka waktu 1 detik setelah bola masuk ke gawang. Sinyal tersebut dikirimkan melalui jam tangan yang dipakai wasit. Nah, FIFA sudah menerapkan penggunan GLT ini. Konon kabarnya, GLT juga diterapkan di Piala Dunia Rusia 2018.

4. Global Positioning System (GPS)

Tentunya kamu tidak asing dengan kata GPS, betul sekali aplikasi GPS marak diterapkan di smartphone kesayangan karena GPS sangat membantu menemukan lokasi tujuan yang akan kita kunjungi. Namun, berbeda halnya dengan GPS yang satu ini, GPS ini diterapkan dalam olahraga Kano dan Dayung.

Olahraga Kano dan Perahu Dayung telah menerapkan Global Positioning System (GPS) sejak di Olimpiade Rio de Janeiro tahun 2016. Dengan alat tersebut, memudahkan juri mengetahui posisi Kano dan Perahu Dayung secara pasti. Selain itu, GPS dapat dihubungkan dengan layar besar pada saat pertandingan berlangsung sehingga penonton dapat mengetahui posisi tim Kano dan Perahu Dayung favoritnya.

Sejak GPS ini diuji coba, alat ini mendapat pujian dari para atlet Kano dan Perahu Dayung, karena mereka dapat mengetahui kecepatan tim lawan sehingga dapat melakukan evaluasi untuk perbaikan pertandingan selanjutnya.

5. Sensor Program Skor Otomatis Olahraga Panahan

Seiring perkembangan teknologi di bidang olahraga, banyak sekali bidang-bidang olahraga yang diuntungkan karenanya, salah satunya adalah olahraga panahan. Saat ini, atlet panahan lega dengan adanya program skor otomatis yang khusus dibuat untuk olahraga panahan.

Program skor otomatis untuk olahraga panahan ini memang sangat membantu wasit, ofisial olahraga panahan dan atlet panahan itu sendiri karena sebelumnya skor panahan ditentukan secara manual bukan otomatis seperti saat ini.

Program skor otomatis ini menggunakan papan skor elektronik yang sebelumnya menggunakan kertas. Cara kerja program skor otomatis ini menggunakan sensor sebagai alat untuk mendeteksi anak panah yang tertancap di papan target. Dengan cara tersebut pemberian skor untuk olahraga panahan menjadi lebih akurat dan lebih cepat daripada sebelumnya.

Program skor otomatis menghasilkan skor yang akurat dan meminimalisir human errors. Perihal keakuratan skor yang dihasilkan program ini, tidak perlu dipertanyakan lagi karena tingkat akurasinya dapat dideteksi pada jarak 0,2 mm antara anak panah dengan papan target.

Jika alat sensor sudah terdeteksi maka skor akan langsung muncul di layar besar di arena pertandingan olahraga panahan, menarik bukan? Perlu kamu ketahui, alat ini pernah digunakan di Olimpiade Rio de Janeiro tahun 2016.

6. Teknologi Laser dan Radio Frequency Identification (RFID) di Olahraga Tembak

Siapa yang tidak kenal dengan olahraga tembak? Olahraga tembak ini juga dipertandingkan di Olimpiade seperti halnya olahraga panahan. Sebelum ditemukannya teknologi di dunia olahraga, olahraga tembak ini masih menggunakan sistem skor manual. Namun, hal tersebut berubah seiring ditemukannya teknologi laser dan Radio Frequency Identification (RFID).

Teknologi laser dan RFID merupakan kecanggihan teknologi yang dapat digunakan untuk menentukan skor di olahraga tembak. Sebenarnya, cara kerja sistem skor di olahraga tembak ini sama dengan olahraga panahan, yaitu menggunakan papan target untuk menilainya. Namun, ada perbedaan jika di olahraga panahan menggunakan sensor di olahraga tembak menggunakan teknologi laser untuk scoring system-nya.

Dengan menggunakan teknologi laser, sistem skor di olahraga tembak menjadi lebih mudah, cepat dan akurat. Teknologi laser yang diterapkan di olahraga tembak ini terus dikembangkan sehingga mampu menghitung skor hingga ke satuan milimeter. Perhitungan tersebut membuat sistem skor di olahraga panahan menjadi lebih mudah, akurat dan lebih cepat perhitungannya. Teknologi laser ini pernah diterapkan di Olimpiade Beijing di Tiongkok pada tahun 2008 dan Olimpiade Rio de Janeiro pada tahun 2016.

Selain itu, olahraga panahan ini juga menggunakan teknologi Radio Frequency Identification (RFID). RFID ini dipasang di peralatan menembak yang bertujuan untuk mengetahui letak atau posisi sehingga alat menembak dapat digunakan secara otomatis. Nah, RFID ini pernah diterapkan di Olimpiade Rio de Janeiro tahun 2016.

7. Kamera Dolly untuk Olahraga Angkat Besi

Angkat besi merupakan salah satu cabang olahraga yang mempertandingkan angkat beban berat. Beban berat yang diangkat dalam angkat besi disebut barbel. Sistem skoring dalam cabang olahraga ini adalah fleksibelitas, kekuatan, kemampuan disiplin, penerapan teknis mental serta fisik dan kemampuan atlet untuk berkonsentrasi.

Cabang olahraga angkat besi ini termasuk cabang olahraga yang dinilai paling dramatik karena setiap momen dalam pertandingan angkat besi tidak boleh terlewatkan. Oleh karenanya, olahraga ini membutuhkan sebuah kamera yang canggih di setiap momen pertandingan. Kamera tersebut disebut kamera dolly.

Sistem kamera dolly ini sama halnya dengan kamera biasa, namun kamera ini lebih canggih karena kamera ini bisa berputar mengikuti gerakan atlet angkat besi jadi setiap gerakan atlet angkat besi dapat terekam dengan jelas.

Saat pertandingan angkat besi berlangsung, kamera dolly diletakkan di berbagai sisi arena pertandingan sehingga setiap momen dapat tertangkap dengan jelas oleh kamera. Kecanggihan teknologi kamera ini pernah diterapkan di Olimpiade Rio de Janeiro, dua tahun lalu.

8. Alat Elektro Timer Olahraga Renang

Salah satu kecanggihan teknologi yang diterapkan dalam olahraga renang adalah alat elektro timer. Alat elektro timer ini merupakan alat yang digunakan untuk menghitung kecepatan atlet renang. Alat ini dipasang di kedua sisi dinding kolam renang.

Cara kerja alat ini cukup simple yaitu angka kecepatan berenang atlet akan terukur jika touch pad disentuh oleh atlet. Jika atlet tidak menyentuh touch pad artinya atlet tidak berhasil mencapai ujung kolam renang. Alat elektro timer ini memang sangat memudahkan untuk sistem skor di olahraga renang sehingga alat ini telah banyak diterapkan di ajang renang baik nasional maupun internasional.

Alat elektro timer ini pernah diterapkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) di Tahun 2016. Selain itu, alat ini juga diterapkan di pertandingan renang saat Olimpiade Rio de Janeiro dua tahun lalu.

9. Instant Review Technology dalam Olahraga Bulu Tangkis

Dalam setiap pertandingan di berbagai cabang olahraga, tentunya setiap atlet membutuhkan keadilan wasit saat penentuan skor. Hal tersebut berlaku juga di pertandingan olahraga bulu tangkis. Untuk menghindari adanya ketidakadilan, cabang olahraga bulu tangkis membuat alat canggih yang disebut dengan instant review technology.

Instant review technology merupakan alat untuk mereview momen pertandingan, dengan alat ini dapat diketahui bola di pertandingan bulu tangkis masuk atau keluar lapangan. Alat ini bertujuan untuk mereview kembali keputusan wasit seadil-adilnya.

Dengan menggunakan instant review technology keputusan yang diambil wasit tidak perlu diragukan lagi, karena alat ini dijamin 100% akurat dan bisa diterima. Instant review technology cocok diterapkan di pertandingan bulu tangkis. Alat ini pertama kali diterapkan di Indonesia Super Series Premier yang diselenggarakan pada tanggal 10 – 16 Juni 2013, 5 tahun lalu.

10. Hawk Eye’s SMART Replay Technology

Hawk Eye’s SMART Replay Technology merupakan sistem komputer yang dapat digunakan untuk melacak bola dan menampilkan jalur gerakan bola secara visual. Teknologi ini dapat diterapkan di berbagai cabang olahraga, seperti olahraga sepakbola, kriket, tenis, bulu tangkis, rugby, bola voli dan hurling.

Teknologi ini pertama kali diterapkan di cabang olahraga Kriket di Inggris di tahun 2001. Cara kerja Hawk Eye’s SMART Replay Technology dinilai sangat akurat yang dapat melacak bola di berbagai sudut sehingga alat ini terus dikembangkan hingga memiliki tingkat akurasi dalam 3,6 milimeter dalam pengukurannya.

Nah, sejak saat itu teknologi ini diterapkan di beberapa cabang olahraga, seperti tenis, kriket dan sepak bola bahkan saat ini BSW memutuskan menggunakan Hawk Eye’s SMART Replay Technology di setiap pertandingannya.

Kecanggihan teknologi di atas merupakan perkembangan teknologi canggih yang telah diterapkan di dunia olahraga. Teknologi tersebut sangat bermanfaat dalam perkembangan olahraga di dunia sehingga sistem skor dan penilaian wasit menjadi adil. Perkembangan teknologi di bidang olahraga yang membawa dampak positif harus dikembangkan untuk perbaikan dunia olahraga di masa depan.

Tinggalkan komentar